Wednesday, September 2, 2009

Theater Of War

Game strategi perang dunia ke-2 yang realistisTheater Of War merupakan sebuah game Real Time Strategy dari 1C Company yang menemakan perang dunia ke-2. Tapi sebelum membaca lebih lanjut, perlu anda ketahui bahwa, bila anda seorang gamer yang menyukai game strategi dengan pertempuran super cepat, dilarang mencoba game ini, karena bakal cepat bosan dan stres. Tapi jika anda seorang gamer yang menyukai game strategi dengan system mikromanajemen yang rumit dan detil, Silakan melanjutkan. Gameplay
Dengan adanya opsi Training, ada baiknya anda terjun ke dalam training mode yang disediakan sebelum terjun langsung ke pertempuran yang sebenarnya untuk mempelajari cara bermain dalam game ini. Well, setelah mengikuti lima sesi perlatihan, kini saatnya anda menjejali Single Player dengan total sebanyak 40 pertempuran yang dikemas dalam 5 Campaign. Tiap pertempuran bakal memakan waktu permainan selama kurang lebih 2 jam.





Campaign yang disediakan untuk anda, dapat bermain sebagai pasukan Polandia, Perancis, USSR, Jerman, Allies. Dengan kisah masing – masing Campaign diambil dari sejarah yang benar – benar terjadi, seperti pada campaign Jerman, dimana pada tahun 1939 – 1945 terjadi invasi besar – besaran dari USSR atau campaign Polandia, dimana pada tahun 1939 terjadi invasi dari Jerman. Dengan berbagai macam objective yang dapat mempertunjukan kepiawaian mu dalam bertaktik dan berstrategi, seperti objective yang mengharuskanmu mendorong musuh keluar dari kota, merebut desa, mempertahankan sebuah lokasi dari serbuan musuh, dan sebagainya.

Sepanjang permainan di Single Player, pemain akan mendapatkan exp untuk membuka bonus – bonus, seperti unit baru, dsb. Maka dari itu setiap pertempuran yang ada dalam game ini mesti diselesaikan dengan seksama. Jangan sampai ada objective yang lolos ataupun gagal. Disamping dari mode Single Player, juga terdapat Multiplayer via LAN ataupun Internet dan Ensiklopedia yang lumayan lengkap banget. Di dalamnya, anda dapat melihat deskripsi berbagai macam peralatan perang dunia ke 2 yang pernah ada.




Ada 3 macam tingkat kesulitan yang dapat dipilih, Yakni tingkat Easy, Medium, dan High. Untuk tingkat kesulitan High, selain peningkatan pada AI musuh, juga pada parameter unit. Dan semua bedasarkan dari data di dunia sebenarnya, seperti efek kerusakan, jarak tembakan, dsb). Dan untuk tingkat Easy dan Medium, anda dapat menonaktifkan opsi Moral.




Sebelum memulai pertempuran, anda dipersilahkan untuk memilih untuk langsung terjun ke pertempuran dengan unit pasukan yang telah di set otomatis atau anda dapat memanajemen unit pasukan terlebihi dahulu sebelum terjun ke pertempuran, yang akan di sebut sebagai layar Unit Screen.

Pada layar Unit Screen, anda dapat memilih berbagai macam unit – unit yang telah disediakan untuk diterjunkan ke medan perang dengan bedasarkan jumlah Team Points yang dimiliki. Semakin kuat suatu unit maka semakin besar pula Team Points yang diperlukan. Jadi pandai – pandailah menempatkan unit yang benar – benar diperlukan dalam situasi medan perang yang dihadapi.

Unit – unit tempur yang disediakan, semuanya pernah ada di zaman perang dunia ke-2, mulai dari Infantri, Tank, hingga Artileri. Seperti StuG III Ausf. G, PzKpfw IV 70 Jagdpanzer and PzKpfw IV Jagdpanzer Tank Destroyers, RPzB 54 Panzerschreck, Panzerfaust-30's, Panzerfaust-60's and PWM HE Grenade Anti-Tank Weapons, PaK 35/36 L45 37mm and PaK 40 L/48 75mm AT Gun's, SdKfz 7/1 20mm Flak 38 and FlakPz 38(t) Anti-Aircraft vehicles, Panzer IV Ausf. H tanks, dan masih banyak lagi.




Kemudian setiap unit yang terdapat dalam game ini akan memiliki panel strategi dan informasi yang sangat detil. Dimana anda dapat melihat dengan jelas setiap karakteristik unit infantri hingga kendaraan tempur. Seperti pada panel strategi untuk unit Tank akan menampilkan senjata utama dan sekunder, tipe peluru yang dapat dipergunakan dan kru yang ada di dalam Tank tersebut. Sedangkan untuk informasi akan menampilkan jarak tembakan, kecepatan tembakan, reload time, jumlah peluru, hingga kekuatan perisai pada setiap sisi Tank, nama Tank, kecepatan Tank bergerak, dsb. Dan pada sebelah kanan panel terdapat gambar diagram Tank dengan posisi samping dan posisi dari atas yang akan berwarna merah jika terdapat kerusakan pada setiap bagiannya.

Kalkulasi kerusakan dalam game ini dihitung dengan detil dari berbagai macam objek, posisi dan sudut serangan, hingga kekuatan ammo yang digunakan. Dan untuk unit kendaraan tempur dapat merusak bagian demi bagian, seperti mesin, roda Tank, gigi transmisi, turet, meriam utama, senapan mesin, dsb.

Sedangkan untuk unit infantri akan memiliki panel strategi yang dapat diakses untuk pemilihan senjata utama dan sekunder, tipe peluru, tipe granat, Combat Gear, dan posisi unit (merayap, jongkok, berdiri). Kemudian untuk panel informasi akan menampilkan informasi jarak tembakan sebuah senjata ataupun granat, reload time, nama infantri, moral, jumlah health, penghargaan yang didapat, jabatan, hingga spesialisasi yang dimiliki (Leadership, Driver, Gunner, Scouting, Marksmanship, Intelligence).




The Battle Start
Setelah unit – unit siap di set, anda tinggal klik Start Battle untuk memulai pertempuran. Permainan game ini pun mirip dengan game RTS lainnya, yakni dalam mengerakan unit pasukan dapat digerakan secara berkelompok dengan memblok seluruh unit yang ada dan klik kanan pada lokasi yang dtuju. atau anda juga dapat mengerakkannya secara per unit saja. Kemudian untuk menyerang tinggal geser pointer ke unit musuh hingga muncul ikon target dan klik kanan untuk memprosesnya.

Sementara untuk layar pertempuran disebelah kiri bawah terdapat sebuah peta mini yang menampilkan posisi unit pasukanmu dan unit musuh. Sedangkan pada bagian tengah bawah merupakan panel strategi dan informasi unit dan pada samping kanan bawah merupakan panel perintah unit. Untuk panel perintah akan tersedia perintah serang, bergerak, berhenti, bertahan, kabur, hingga berputar (untuk Tank, karena posisi depan memiliki armor yang paling kuat). Sementara untuk perintah serang di bagi lagi menjadi beberapa target serangan, yakni membidik turet, membidik badan Tank, dan membidik mesin.




Saat pertempuran sedang berlangsung, anda juga dapat menghentikan permainan kapan saja anda inginkan dengan menekan tombol space pada keyboard. Saat pause, anda masih dapat melakukan manajemen unit dengan santai tanpa perlu khawatir diserang musuh. Setelah dirasa semuanya telah diatur dengan baik, anda kembali melanjutkan permainan dan unit – unit segera melaksanakan perintah yang anda lakukan saat pause tadi.

Dan juga terdapat 6 tipe formasi yang bisa diterapkan pada pasukanmu, seperti formasi Loose, Tight, Free, Line, Wedge, dan Column. Tiap formasi akan menghasilkan efek penyerangan dan pertahanan bagi pasukanmu, seperti dengan formasi Line, serangan pasukanmu akan semakin kuat saat menyerang ke depan, sedangkan formasi Free sangat bagus buat pertahanan saat pasukanmu di bombadir oleh artileri. Selain itu, peralatan perang milik musuh yang berhasil direbut oleh anda, akan dapat dipergunakan lagi di pertempuran selanjutnya. Lumayan jika berhasil merebut Tank Tiger milik Jerman.




Namun jika pasukan anda terdesak di medan perang oleh musuh, anda dapat memanggil bantuan, baik itu bantuan serangan dari udara. Ada 3 tipe air support, yakni Ground attack aircraft, Fighter, dan Air Scout. Sewaktu mengunakan, anda tidak dapat mengontrol, namun hanya bisa memberi lokasi target serangan saja. Ataupun memanggil serangan atileri, bantuan pasukan baru, hingga unit untuk memperbaiki Tank dan mensuply amunisi untuk Tank dan infantri.




Grafis
Mungkin bagi 1C Company, visualisasi yang mewah, tidaklah begitu penting pada game ini. Dengan setingan disetel High pada semua opsi di layar Display game ini, masih menampilkan Tektur warna yang suram dengan gambar yang masih kurang halus. Kemudian anda jangan berharap dapat menemukan efek - efek ledakan, seperti pada game Company of Heroes dan Command and Conquer 3. Secara keseluruhan, grafis game ini sangat jelek untuk game PC zaman sekarang.

Walau petanya sangat luas, tapi objek lingkungan yang terdapat pada peta sangat minim sekali, hanya berupa pepohonan yang bentuknya mirip satu sama lain, rumah yang ada paling hanya 1 hingga 3 buah saja. Mungkinkah mereka menyesuaikan lingkungan pada zaman dahulu yang sebagian besar merupakan ladang dan perkebunan ? atau kekurangan objek ?

Sebagai tambahan, anda juga di fasilitasi dengan fitur kamera yang bebas anda gerakan kemanapun dan dapat menzoom sedekat dan sejauh mungkin untuk mendapatkan pandangan yang tepat dalam memanajemen pasukanmu.




Audio
Kualitas suara pada game ini benar-benar diperhatikan, khususnya untuk membedakan suara seperti dentuman dari meriam Tank yang berbeda, suara mesin, hingga desingan senapan mesin. Cuman sayangnya musik dan suara pendukung kurang bervariasi dan hanya terdengar yang itu – itu saja. Namun jangan khawatir, karna sudah ada patch yang available, dimana didalamnya juga terdapat penambahan file sound.

Overall
Akhir kata, 1C Company berhasil mengemas sebuah game perang dunia ke 2 serealistis mungkin. Namun karna telalu berambisi, ada beberapa hal penting yang terlupakan, seperti grafis dan audio yang tampak biasa saja dan gameplay yang telalu kaku. Anyway dengan beberapa kekurangan diatas, game ini masih bakal merebut hati gamer yang menyukai taktik dan strategi berperang.




Judul Game : Theater Of War
Developer : 1C Company
Publisher : CDV Software
Jenis : Strategi RTS
Spesifikasi : OS : Windows 2000/XP/Vista 32-bit, Processor: Pentium 4 2.8GHz/AMD Athlon 64 3200, Memory RAM 512 MB, VGA 512 MB, Directx 9.0

No comments: